Minggu, 08 Januari 2012

Perbedaan Sosial

Perbedaan sosial ? antara si kaya dan si miskin ?

Tidak bisa dipungkiri lagi, kedua kasta tersebut (si kaya dan si miskin ) memang memiliki perbedaan yang sangat mencolok dalam hal materi. Terkadang kita akan perbedaan tersebut juga menunjukkan perbedaan harga diri dan kewenangan dalam melakukan segala hal, itu memang benar terjadi.

Pada hakikatnya, perbedaan itu mau tidak mau pasti terjadi. Perbedaan dalam hal agama, harta, pangkat, dll.
Yang harus kita pikirkan sekarang adalah, bagaimana cara menyingkirkan rasa iri dan dengki karena adanya perbedaan tersebut. Dengan hati yang ikhlas dan bersih, perbedaan tersebut akan bisa memacu kita untuk mencapai keberhasilan andai kata kita adalah si miskin.

Integrasi Masyarakat

Integrasi merupakan keadaan dimana beberapa kelompok etnik beradaptasidan bersikap konfirmitas terhadap kebudayaan masyarakat setempat tetapi masih memegang teguh kebudayaan mereka masing - masing. Integrasi berasal dari bahasa inggris "integration" yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan.
Integrasi memiliki 2 pengertian, yaitu :

  • Pengendalian terhadap konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem sosial tertentu
  • Membuat suatu keseluruhan dan menyatukan unsur-unsur tertentu
Sedangkan yang disebut integrasi sosial adalah jika yang dikendalikan, disatukan, atau dikaitkan satu sama lain itu adalah unsur-unsur sosial atau kemasyarakatan.
Suatu integrasi sosial di perlukan agar masyarakat tidak bubar meskipun menghadapi berbagai tantangan, baik merupa tantangan fisik maupun konflik yang terjadi secara sosial budaya.

0 komentar:

Posting Komentar